Selasa, 23 Agustus 2016

Kecerdasan Majemuk


Kecerdasan Majemuk

Dosen Pengampu
Dwi Hastuti, S.Pd,.M.Pd


2.jpg

Oleh:

Yola Wredha Murti                       1400002015

PGPAUD
IV/A



PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
2016
1.      Kecerdasan Linguistik-Verbal
Kegiatan yang dilakukan pada hari ini di kelas A2 adalah bermain peran yang dimana guru akan membagi kelompok yang terdiri atas kelompok yang membawakan cerita dan kelompok yang lain akan menyimak ide cerita tersebut, guru menentukan topic cerita atau meminta jenis cerita yang diminati oleh anak didik, dan guru akan menunjuk beberapa peserta didik yang dapat memerankan tokoh dalam cerita. Adapun alat yang digunakan adalah buku cerita dan berbagai alat yang mendukung dalam melakoni kegiatan tersebut. Dari kegiatan ini kita dapat mengolah bahasa lisan yang baik pada anak didik dan mengolah pembendaharaan suku kata pada anak didik.
2.      Kecerdasan Logis-Matematis
Kegiatan yang dilakukan di kelas A2 yaitu melakukan eksperimen, disini guru akan membagi kelompok terlebih dahulu sebelum menjelaskan aturan bermain yang akan di lakukan pada hari itu. Setelah dibagi kelompok maka guru akan meenjelaskan kegiatan yang akan di lakukan, lalu bahan yang akan di gunakan oleh anak didik. Yang dimana guru akan melakukan dua eksperimen yaitu sulap bunga dan kismis menari. Guru menjelskan aturan bermain eksperimen tersebut dan menjelaskan bahan yang digunkan Adapun bahan yang digunakan untuk eksperimen sulap bunga adalah kertas marmer, gunting, pensil, crayon, mangkok atau ember, dan air. Cara melakukannya adalah membuat pola bunga pada kertas, lalu kemudian di gunting dan diwarnai setlah itu kita menguncupkan bunga tersebut dan memasukan di dalam ember yang telah diisi oleh air kemudian lihatlah apa yang terjadi bunga akan mekar. Untuk kegiatan eksperimen yang kedua bahan yang di butuhkan yaitu soda kue, asam cuka, gelas, dan kismis. Cara melakukannya adalah tuang asam cuka dan satu sendok soda kue kemudian masukakn kismis lalu lihatlah apa yang terjadi kismis akan naik turun seperti menari. Eksperimen tersebut selanjutnya akan di lakukan oleh anak didik yang akan tetap diawasi oleh guru.
3.      Kecerdasan Visual-Spasial
Kegiatan yang akan dilakukan pada kelas A2 adalah menebalkan gambar dan mewarnai gambar tersebut. Sebelum kegiatan tersebut dilakukan guru akan menjelaskan aturan bermain kepada anak didik yang kemudian akan di lakukan langsung oleh anak didik. Guru membagikan kertas bergambar dan kemudian anak menebalkan gambar tersebut. Setelah menebalkan garis tersebut anak diminta untk mewarnai sesuai warna yang mereka inginkan. Selanjutnya anak akan berekspresi dengan kegiatan tersebut dan mengumpulkan tugas mereka ke tempat yang telah disediakan guru.
4.      Kecerdasan Jasmaniah-Kinestetik
Kegiatan yang dilakukan kelas A2 adalah menirukan gaya orang lain atau menirukan gaya binatang. Sebelum anak-anak melakukannya guru membagi kelompok dan menjelaskan aturan bermain serta mencontohkan ke anak didik. Selanjutnya anak akan menirukan gaya orang lain atau menirukan gaya binatang tersebut. Setiap anak akan diberikan dua kesempatan untuk menirukan gaya orang lain atau menirukan gaya binatang tersebut. Dalam kegiatan ini anak antusias menirukannya dan mereka senang dalam kegiatan tersebut.
5.      Kecerdasan Musikal-Berirama
Kegiatan yang dilakukan pada kelas A2 adalah menyusun nada Do sampai Nada La. Sebelumnya guru menjelaskan aturan main dan alat yang digunakan untuk menyusunnya. Kegiatan ini di lakukan luar kelas atau outdoor. Guru mengajak anak untuk mengisi air dalam botol dengan tinggi air yang berbeda setelah semua botol terisi guru mencontohkan cara mainnya dan guru meminta anak untuk melakukannya lalu setiap anak diberi dua kesempatan untuk memukul botol tersebut. Kegiatan ini dapat dicoba di rumah dengan pengawasan orang dewasa.
6.      Kecerdasaan Interpersonal
Kegiatan yang dilakukan di kelass A2 adalah menyusun puzzle dan mewarnai gambar di kertas A3 yang di sediakan oleh guru. Guru membagi beberapa kelompok lalu setiap kelompok diberi satu puzzle untuk mengerjakannya bersama-sama atau bekerja tim. Karena bisa melatih anak untuk berempati dan bersosial dengan teman sebayanya. Setelah kegiatan menyusun puzzle selesai anak diminta untuk mewarnai gambar yang di sediakan oleh guru dengan cara bekerjasama dengan teman kelompoknya. Mereka berekspresi dengan warna dan kertas bergambar milik mereka yang telah diberikan guru.

a.       Nama Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan adalah Mewarnai Kertas Bergambar
b.      Waktu pelaksanaan
Hari : Sabtu
Tgl : 2 Juli 2016
Pukul : 15.30 WITA
c.       Kecerdasan yang dikembangkan
Kecerdasan yang dikembangkan yaitu kecerdassan Visual-Spasial karena kecerdasan tersebut adalah kemampuan untuk memahami gambar-gambar dan bentuk termasuk kemampuan untuk menginterprestasi dimensi ruang yang tidak dapat dilihat. Kecerdasan visual-spasial memiliki karakteristik yaitu, selalu menggambarkan ide-ide yang menarik, senang mengatur dan menata ruang, senang menciptakan seni dengan menggunakan media yang bermacam-macam, dan sebagainnya.

d.      Yang terlibat dalam kegiatan
Yang terlibat adalah anak-anak usia 4-6 tahun dan yang dimana mereka masih paud.
e.        Hasil yang diperoleh
Hasil yang diperoleh adalah anak-anak antusias dengan kegiatan yang kami adakan disetiap tahunnya dan selalu betepatan dengan bulan suci ramadhan. Disini kami menekankan pada motorik halus pada setiap anak.
Foto Kegiatan Mewarnai
                   




                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar