Kecerdasan
Majemuk
Dosen
Pengampu
Dwi Hastuti, S.Pd,.M.Pd

Oleh:
Yola Wredha Murti 1400002015
PGPAUD
IV/A
PENDIDIKAN
GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
AHMAD DAHLAN
2016
1. Kecerdasan
Linguistik-Verbal
Kegiatan
yang dilakukan pada hari ini di kelas A2 adalah bermain peran yang dimana guru
akan membagi kelompok yang terdiri atas kelompok yang membawakan cerita dan
kelompok yang lain akan menyimak ide cerita tersebut, guru menentukan topic
cerita atau meminta jenis cerita yang diminati oleh anak didik, dan guru akan
menunjuk beberapa peserta didik yang dapat memerankan tokoh dalam cerita.
Adapun alat yang digunakan adalah buku cerita dan berbagai alat yang mendukung
dalam melakoni kegiatan tersebut. Dari kegiatan ini kita dapat mengolah bahasa
lisan yang baik pada anak didik dan mengolah pembendaharaan suku kata pada anak
didik.
2. Kecerdasan
Logis-Matematis
Kegiatan
yang dilakukan di kelas A2 yaitu melakukan eksperimen, disini guru akan membagi
kelompok terlebih dahulu sebelum menjelaskan aturan bermain yang akan di
lakukan pada hari itu. Setelah dibagi kelompok maka guru akan meenjelaskan
kegiatan yang akan di lakukan, lalu bahan yang akan di gunakan oleh anak didik.
Yang dimana guru akan melakukan dua eksperimen yaitu sulap bunga dan kismis
menari. Guru menjelskan aturan bermain eksperimen tersebut dan menjelaskan
bahan yang digunkan Adapun bahan yang digunakan untuk eksperimen sulap bunga
adalah kertas marmer, gunting, pensil, crayon, mangkok atau ember, dan air.
Cara melakukannya adalah membuat pola bunga pada kertas, lalu kemudian di
gunting dan diwarnai setlah itu kita menguncupkan bunga tersebut dan memasukan
di dalam ember yang telah diisi oleh air kemudian lihatlah apa yang terjadi
bunga akan mekar. Untuk kegiatan eksperimen yang kedua bahan yang di butuhkan
yaitu soda kue, asam cuka, gelas, dan kismis. Cara melakukannya adalah tuang
asam cuka dan satu sendok soda kue kemudian masukakn kismis lalu lihatlah apa
yang terjadi kismis akan naik turun seperti menari. Eksperimen tersebut
selanjutnya akan di lakukan oleh anak didik yang akan tetap diawasi oleh guru.
3. Kecerdasan
Visual-Spasial
Kegiatan
yang akan dilakukan pada kelas A2 adalah menebalkan gambar dan mewarnai gambar
tersebut. Sebelum kegiatan tersebut dilakukan guru akan menjelaskan aturan
bermain kepada anak didik yang kemudian akan di lakukan langsung oleh anak
didik. Guru membagikan kertas bergambar dan kemudian anak menebalkan gambar
tersebut. Setelah menebalkan garis tersebut anak diminta untk mewarnai sesuai
warna yang mereka inginkan. Selanjutnya anak akan berekspresi dengan kegiatan
tersebut dan mengumpulkan tugas mereka ke tempat yang telah disediakan guru.
4. Kecerdasan
Jasmaniah-Kinestetik
Kegiatan
yang dilakukan kelas A2 adalah menirukan gaya orang lain atau menirukan gaya
binatang. Sebelum anak-anak melakukannya guru membagi kelompok dan menjelaskan
aturan bermain serta mencontohkan ke anak didik. Selanjutnya anak akan
menirukan gaya orang lain atau menirukan gaya binatang tersebut. Setiap anak
akan diberikan dua kesempatan untuk menirukan gaya orang lain atau menirukan
gaya binatang tersebut. Dalam kegiatan ini anak antusias menirukannya dan
mereka senang dalam kegiatan tersebut.
5. Kecerdasan
Musikal-Berirama
Kegiatan
yang dilakukan pada kelas A2 adalah menyusun nada Do sampai Nada La. Sebelumnya
guru menjelaskan aturan main dan alat yang digunakan untuk menyusunnya.
Kegiatan ini di lakukan luar kelas atau outdoor.
Guru mengajak anak untuk mengisi air dalam botol dengan tinggi air yang berbeda
setelah semua botol terisi guru mencontohkan cara mainnya dan guru meminta anak
untuk melakukannya lalu setiap anak diberi dua kesempatan untuk memukul botol
tersebut. Kegiatan ini dapat dicoba di rumah dengan pengawasan orang dewasa.
6. Kecerdasaan
Interpersonal
Kegiatan
yang dilakukan di kelass A2 adalah menyusun puzzle dan mewarnai gambar di
kertas A3 yang di sediakan oleh guru. Guru membagi beberapa kelompok lalu
setiap kelompok diberi satu puzzle untuk mengerjakannya bersama-sama atau
bekerja tim. Karena bisa melatih anak untuk berempati dan bersosial dengan
teman sebayanya. Setelah kegiatan menyusun puzzle selesai anak diminta untuk
mewarnai gambar yang di sediakan oleh guru dengan cara bekerjasama dengan teman
kelompoknya. Mereka berekspresi dengan warna dan kertas bergambar milik mereka
yang telah diberikan guru.
a. Nama
Kegiatan
Kegiatan
yang dilakukan adalah Mewarnai Kertas Bergambar
b. Waktu
pelaksanaan
Hari
: Sabtu
Tgl
: 2 Juli 2016
Pukul
: 15.30 WITA
c. Kecerdasan
yang dikembangkan
Kecerdasan
yang dikembangkan yaitu kecerdassan Visual-Spasial karena kecerdasan tersebut
adalah kemampuan untuk memahami gambar-gambar dan bentuk termasuk kemampuan
untuk menginterprestasi dimensi ruang yang tidak dapat dilihat. Kecerdasan
visual-spasial memiliki karakteristik yaitu, selalu menggambarkan ide-ide yang
menarik, senang mengatur dan menata ruang, senang menciptakan seni dengan
menggunakan media yang bermacam-macam, dan sebagainnya.
d. Yang
terlibat dalam kegiatan
Yang
terlibat adalah anak-anak usia 4-6 tahun dan yang dimana mereka masih paud.
e. Hasil yang diperoleh
Hasil
yang diperoleh adalah anak-anak antusias dengan kegiatan yang kami adakan
disetiap tahunnya dan selalu betepatan dengan bulan suci ramadhan. Disini kami
menekankan pada motorik halus pada setiap anak.
Foto Kegiatan Mewarnai




Tidak ada komentar:
Posting Komentar